Indonesian Evangelical Mission Church
Jl.Dr.Wahidin Sudiro Husodo No.21
Samarinda Kalimantan Timur | Telp.0541-732426 / 220945

Terdaftar di PGI dengan bersinode di Jakarta Informasi Pelayanan dan Dukungan Doa dapat menghubungi Gembala Jemaat, Pdt.Enos Saw Bess, S.Th, Ketua 1, Bp.Totok Marnata, M.Pd, Sekretaris Jemaat Bp.Boedi Rahadi, SE

Sunday, July 22, 2012

”MENANG ATAS KUASA MAUT” - Pdt. Sisca P. Lumunon, S.Si 11 Maret 2012

FT : Lukas 9:37-43, Nats Pemb: 1 Petrus 5:8-9


Lukas 9:41-42 berkata : Maka kata Yesus;”Hai kamu angkatan yang tidak percaya dan yang sesat, berapa lama lagi Aku harus tinggal diantara kamu dan sabar terhadap kamu?.. Dan ketika anak itu mendekati Yesus, setan itu mebantingnya ke tanah dan menggoncang-goncangnya. Tetapi Yesus menegor roh jahat itu dengan keras
dan mengembalikan anak itu, lalu menyembuhkannya kepada ayahnya”

Tekas ini menceritakan tentang sebuah kasus seorang anak tunggal yang sedang dirasuk setan. Dan memaparkan tentang kegagalan murid2NYA. Para murid Yesus tidak berdaya untuk menolong anak itu, sehingga ayah anak itu kecewa besar. Melihat kondisi ini, Yesusmengucapkan kata2 yang menggambarkan tentang kesedihan hatiNya atas kegagalan para muridNya, yang sebenarnya mereka telah dibekali kuasa dan otoritas ilahi dalam menghadapi peperangan rohani, khususnya dalam menghadapi kuasa setan.

Dalam sebuah penyelidikan terhadap kebenaran Alkitab disimpulkan, setan & roh2 jahat bekerja dengan memakai prasarana dan sarana a.l. melalui Okultisme (Kuasa gelap), Satanisme, Musik Rock, Free sex, Narkotika, Film/sinetron Mistik, Terorisme, Perdukunan, Ajaran2 Sesat, dll.

Melihat keadaan daerah tempat tinggal dan profesi mereka, maka muncul pertanyaan : Mengapa Tuhan justru memilih orang2 yang tidak terpandang, tidak berpendidikan tinggi. Orang yang tidak memiliki kuasa dan tdk kaya raya ?
Alkitab menjawab :”Tetapi apa yang bodoh bagi dunia, dipilih Allah untuk memalukan orang2 yang berhikmat, dan apa yang lemah bagi dunia, dipilih Allah untuk memalukan apa yg kuat, dan yg tidak terpandang & yg hina bagi dunia dipilih Allah, bahkan apa yg tidak berarti dipilih Allah untuk meniadakan apa yang berarti, spy jangan ada seorang manusia pun yg memegahkan diri dihadapan Allah” (1 Kor 1:1, 27- 29)

CARA AGAR MENANG TERHADAP KUASA SETAN :
1.       Mengusir setan dengan iman yang sungguh-sungguh.
Dalam ay. 41, Tuhan Yesus menegur murid2Nya bahwa mereka tidak beriman dengan sungguh2. Ketidak percayaan mereka menjadi penghalang besar dalam mengusir setan di dlm diri anak itu. Ingatlah bahwa Tuhan telah memberikan kuasa kepada kita, karena itu ketika kita berhadapan dengan kuasa setan, percayalah dengan sungguh2 akan kuasa Tuhan yang mampu mengalahkan setan2 (Luk 9:1)

2.       Mengandalkan kuasa Roh Kudus.
Dalam hal ini berarti kita harus dipenuhi oleh Roh Kudus. Ketika kita berhadapan dengabn setan, kita sebenarnya sedang berhadapan dengan penguasa2 di angkasa, pemerintah2 dan penghulu2 dunia yang gelap (Ef 6:12), Karena itu kita harus dipenuhi oleh Roh Kudus, sehingga kita memperoleh kekuatan untuk melawan kuasa setan.

3.       Mengutamakan Doa dan Puasa.
Karena ada kasus-kasus khusus dimana diperlukan doa dan puasa, dalam Markus 9:29, Yesus berkata kepada murid2Nya tentang kasus seorang anak bisu yang sedang dirasuk roh jahat: ”Jenis itu tidak dapat diusir kecuali dengan berdoa”

0 comments:

Post a Comment