Indonesian Evangelical Mission Church
Jl.Dr.Wahidin Sudiro Husodo No.21
Samarinda Kalimantan Timur | Telp.0541-732426 / 220945

Terdaftar di PGI dengan bersinode di Jakarta Informasi Pelayanan dan Dukungan Doa dapat menghubungi Gembala Jemaat, Pdt.Enos Saw Bess, S.Th, Ketua 1, Bp.Totok Marnata, M.Pd, Sekretaris Jemaat Bp.Boedi Rahadi, SE

Sunday, July 22, 2012

Tema : ” Hasil Pembenaran Oleh Iman ” - Pnt. Alexander R. S.IP 3 Mei 2012

   
FT : Roma 5 : 1 - 11, Nats Pembimbing : Maleakhi 3 : 18


Menurut DR. Sudarmo; ”Iman bukan sebagai dasar yg mendatangkan hak agar kita dijadikan benar (kendatipun iman kita harus dinyatakan), tetapi yang menjadi dasar untuk mendatangkan hak pembenaran adalah karya Yesus Kristus. Tuhanlah yang memberikan pembenaran, tetapi di dalam kepercayaan (iman) manusia nyataalah anugerah Allah. Dan dalam hal ini nampak juga karya Trinitas (allah Tritunggal)

Berdasarkan Roma 5 : 1 – 11, ada 3 aspek hasil pembenaran oleh iman kepada Kristus :
I.         Kita beroleh Damai Sejahtera dengan Allah (Ay. 1-4)
        Ay. 1 mengatakan :” Sebab itu kita yang dibenarkan karena iman, kita hidup dalam damai sejahtera dengan Allah oleh karena Tuhan kita Yesus Kristus ” Dari ungkapan : ”Kita sudah dibenarkan karena iman”, Paulus meringkaskan apa yang telah dijelaskan dan dibuktikan dalam Roma 1 : 18 – 4 : 25. Dan disini Paulus mulai menjelaskan tentang hasil pembenaran bagi kita bahwa telah memiliki damai dgn Allah (bdg. Ef. 2:13-18, 2 Kor 5:17-21)
        Pertanyaan : ”Sudahkan saudara berdamai dengan Allah..?”

II.       Kita beroleh Pengharapan yang tidak mengecewakan (ay. 5-8)
        Ay. 5, mengatakan: Dan pengharapan yang tidak mengecewakan, karena kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita”. Terjemahan yang tepat untuk  anak kalimat, ’tidak mengecewakan’ adalah ’tidak mempermalukan’. Jadi pembenaran yang Allah anugerahkan kepada kita menghasilkan suatu pengharapan yang tdk mempermalukan (mengecewakan).   Mengapa..?   Karena pengharapan itu dibangun di atas kasih Allah yang terbesar, yaitu Kasih yang dianugerahkan  melalui kematian Kristus, ketika kita masih berdosa (ay.6), dan Roh Kudus yang telah diberikan kepada kita, sehingga memungkinkan kita dapat mengerti betapa besarnya kasih Allah kepada kita.

III.      Kita beroleh Keselamatan (ay. 9-11)
        Ay. 9. Mengatakan : ”Lebih2 karena kita sekarang telah dibenarkan oleh darah-Nya, kita pasti akan diselamatkan dari murka Allah” Pada bagian ini Paulus menyatakan ada 2 aspek keselamatan orang   percaya, yaitu :
1.  Keselamatan dari murka Allah yang sekarang dinyatakan untuk melawan segala bentuk kefasikan dan kelaliman manusia yg semakin mengerikan (Roma 1:18)
2.       Keselamatan dari murka Allah yang kekal pada akhir zaman, yaitu neraka (Roma 2:5-8)

0 comments:

Post a Comment