Indonesian Evangelical Mission Church
Jl.Dr.Wahidin Sudiro Husodo No.21
Samarinda Kalimantan Timur | Telp.0541-732426 / 220945

Terdaftar di PGI dengan bersinode di Jakarta Informasi Pelayanan dan Dukungan Doa dapat menghubungi Gembala Jemaat, Pdt.Enos Saw Bess, S.Th, Ketua 1, Bp.Totok Marnata, M.Pd, Sekretaris Jemaat Bp.Boedi Rahadi, SE

Tuesday, July 17, 2012

“ Yesus adalah Yang Awal & Yang Akhir “ - Dr. Christofel Korah T. 22 Januari 2012

Teks FT:  Wah.1:17-20 Nats Pemb. 1Tim.1:17

Ayat 17b-18, berkata:  ‘Jangan takut!  Aku adalah Yang Awal dan Yang Akhir, dan Yang Hidup.  Aku telah mati, namun lihatlah, Aku hidup, sampai selama-lamnya dan Aku memegang segala kunci maut dan kerajaan maut”.
Dalam kalimat:  “Aku adl Yang Awal & Yang Akhir”,  Yohanes dalam penglihatannya dapat mengenali Yesus :  (1). Aku adalah Aku  (bdg. Yoh.8:58).   (2).  Yang Awal karena Ia adl Pencipta (Yoh.1:1-3).   Sedangkan dlm kalimat:  “Dan Yang Hidup. Aku tlh mati, namun lihatlah, Aku hidup sampai selama-lamanya”,  Tuhan Yesus menyatakan bhw diri-Nya adl kekalilahi, dan gambar wujud Allah  (li. Ibr.1:3).   Berbeda dgn dewa2 kafir,  Ia adl  Yang Hidup.  Perhatikan,  Yesus tdk berkata:  Ia hidup,  melainkan ‘Ia adl Yang HIdup’.  Artinya:  Yesus adl Pemilik hidup kekal  (Yoh.5:26). Yesus adl  Pemberi hidup, dan hidup yang Ia berikan adl hidup yg kekal  (Yoh.6:33; 1Yoh.5:11).

Dengan demikan dari pengertian ini, ada 2 hal yg pondamental berkaitan dgn tema khotbah hari ini:

1.       YESUS adl PRIBADI ALLAH YANG HIDUP
Alkitab mencatat mengenai Gelar  ‘Yang Hidup’.  Dalam PL  (Yos.3:10; Maz.42:2; 84:3),  dan dlm PB (Mat.16:16;  Kis.14:15; Rom.9:26).  Penulis surat Ibrani menegaskan bahwa Yesus adl  ‘Gambar Wujud Allah’  (Ibr.1:3).  Dan Yesus sendiri berkata:  “Ia adl Yang Hidup,  Pemegang kunci maut dan kerajaan maut  (Hades).  Artinya Yesus memiliki otoritas absolute atas maut & Hades.   Yesus adl Pribadi Pemenang yang berkuasa mutlak.  Ungkapan: ‘Yang Hidup’ adl kalimat yang luar biasa.  Dengan perkataan yang singkat, padat dan tegas ini Tuhan Yesus telah menunjukan secara garis besar seluruh karya penyelamatan Allah di kayu salib & kubur yang kosong.  Pokok2 utama pengetahuan ttg karya keselamatan  (sotereologi) termuat di dalam kalimat yg agung ini. 

2.       YESUS adl PRIBADI ALLAH YANG KEKAL
Telah disinggung sebelumnya Yesus mengatakan bhw diri-Nya adl kekal, ilahi dan gambar wujud Allah. Sebagai wujud Pribadi Allah berarti  Yesus sdh ada sebelum penciptaan.  Kebenaran ini berbicara tentang pra-existensi Yesus, bahwa Yesus memiliki hakekat ilhai & kekal, sehingga Ia ikut terlibat di dalam proses penciptaan  (li. Yoh.1:1-3).  Sebagai Oknum ilahi & kekal, namun demi kasih-Nya yg besar,  Yesus telah masuk ke dalam ketidak-kekalan menjadi sama dgn manusia bahkan mati sbg tebusan utk me-manusia-kan kembali manusia sbg ciptaan-Nya yg mulia.  Dikatakan:  “Aku telah mati”,  namun lihatlah Aku hidup, sampai selama-lamanya”  (li. juga Wah.4:9-10; 10:6; 15:7).  Kalau kita sungguh2 menerima kebenaran2 yg pondamental ini, betapa menguatkan kita bahwa menyadari dan percaya bahwa TUHAN YESUS berdiri diawal dan akhir sejara manusia

OLEH KAREANA ITU BAGAIMANA SEHARUSNYA SIKAP ?

1.       Marilah kita sungguh-sungguh menyatakan rasa syukur & penghormatan yg tinggi kepada Tuhan atas anugerah-Nya melalui kesetiaan beribadah  (ay.17; Bdg.  Ibr.10:25)

2.       Marilah kita terus meberitakan kpd dunia bahwa Yesus adl Allah Yang Hidup & Kekal, yang berkuasa memberikan hidup yg kekal kpd setiap orang yg percaya kepada-Nya.

3.       Marilah kita buang semua bentuk ketakutan yang mengganggu iman dan pengharapan kita dalam menjalani kehidupan yang semakin berat saat ini.  Tuhan Yesus berkata:  “Jangan takut”  (me phobou),  frase ini dlm bentuk present imperative, artinya merujuk pada kondisi Yohanes yg terus menerus ketakutan. Dengan kata lain, Tuhan Yesus meminta kepada Yohanes berhenti takut.

0 comments:

Post a Comment