Indonesian Evangelical Mission Church
Jl.Dr.Wahidin Sudiro Husodo No.21
Samarinda Kalimantan Timur | Telp.0541-732426 / 220945

Terdaftar di PGI dengan bersinode di Jakarta Informasi Pelayanan dan Dukungan Doa dapat menghubungi Gembala Jemaat, Pdt.Enos Saw Bess, S.Th, Ketua 1, Bp.Totok Marnata, M.Pd, Sekretaris Jemaat Bp.Boedi Rahadi, SE

Sunday, July 22, 2012

Tema : ” Peranan Iman Dalam Hidup Berjemaat ” - Pdt.Sihar Sihotang 03 Juni 2012

 FT : Kolose 1:3-8,, Nats Pemb: Ibrani 11 : 1 – 2

Bagaimana peranan iman dalam hidup berjemaat ?
1.      Ada Ucapan Syukur
Ada ucapan syukur, give thanks, dr bhs. Ibrani Eukharisteo, yang diartikan Always Thanks, selalu mengucap syukur. Hal ini dilakukan ketika berdoa untuk jemaat (ay.3)



2.      Alasan Ucapan Syukur Mendengar Iman jemaat dalam Kristus Yesus dan Kasih jemaat terhadap semua orang-orang kudus (ay.4). Iman dari bhs. Yunani PISTIS. NIV : Faith, yaitu Kepercayaan, Kesetiaan terhadap Tuhan Yesus Kristus Kasih dalam bhs. Yunani AGAPE, Love, diartikan sebagai kasih tanpa pamrih (UNCONDITIONAL), kasih tidak mengharapkan imbalan. Iman dan Kasih timbul dari pengharapan yang disediakan yaitu Surga yang kekal. Pengharapan Surga yang kekal hanya bisa diperoleh lewat Tuhan Yesus Kristus, dan semua kitab telah mendengar hdan tahu hal ini melalui Firman kebenaran yaitu INJIL.

3.      Hasil Ucapan Syukur
Injil itu berbuah dan berkembanag di seluruh dunia, demikianjuga diantara kamu Iman, Kasih dan Pengharapan itu menghasilkan buah-buah, tidak statis tetapi dinamis. Inilah yang diharapkan Tuhan Yesus, melalui rasul Paulus (ay. 6) kepada jemaat di Kolose, bahkan jemaat GMII Nehemia Samarinda. Bukan hanya berbuah dan berkembang tetapi mengenal Kasih Karunis Allah dengan benar. Ada grace, kasih karunia, dalam bahasa Yunani KHARIS. Kasih karunia Allah bukan usaha manusia tetapi pemberian Allah (Efesus 2:8)

4.      Akibat Ucapan Syukur
Timbul pelayan-pelayan Kristus yang setia. Contoh : Epafras, kawan pelayanan Paulus, Kata Pelayan dalam bhs. Yunani DIAKONOS, servant. Seperti ajaran Tuhan Yesus Kristus, datang untuk melayani bukan dilayani. Inilah peranan iman dalam hidup berjemaat, yaitu ada ucapan syukur dan akibat ucapan syukur.  TUHAN YESUS MEMBERKATI

0 comments:

Post a Comment